Rabu, 08 Juni 2011

Informasi Propinsi Kepulauan Bangka Belitung

Informasi Bangka Belitung - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang naik daun sebagai destinasi wisata. Pemerintah setempat pun terus gencar mempromosikan kedua pulau tersebut. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, akses menuju propinsi kepulauan Bangka Belitung kini  sangatlah mudah. 

Bangka Belitung



Dari Jakarta, wisatawan dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang - Bangka ataupun Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan - Belitung. Pangkal Pinang berada di Pulau Bangka, sementara Tanjung Pandan berada di Pulau Belitung.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001.

Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, namun menjadi provinsi sendiri bersama Banten dan Gorontalo pada tahun 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang. Pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 dilakukan pemekaran wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi atas tujuh daerah tingkat dua, yaitu:

    Kabupaten Bangka (ibukota: Sungailiat): Sejak masih bergabung dengan Sumatera Selatan maupun setelah lepas, Kabupaten Bangka merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak. Saat lepas dari Sumsel, luas Kabupaten Bangka meliputi 91% luas pulau Bangka (11.000 km2), namun pada tahun 2003 Kabupaten Bangka dimekarkan menjadi 4 Kabupaten. oleh karena itu, Kabupaten Bangka juga dikenal sebagai Kabupaten Bangka Induk.

    Kabupaten Belitung (Ibukota: Tanjung pandan: Pada awalnya meliputi seluruh pulau Belitung dan pulau kecil di sekitarnya, namun pada tahun 2003 dimekarkan menjadi 2 kabupaten.

    Kabupaten Bangka Barat (ibukota: Mentok): Merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. Kabupaten Bangka Barat merupakan titik penyebrangan yang menghubungkan Bangka dengan Sumatera Selatan melalui pelabuhan Mentok yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia. kota Mentok sendiri merupakan pusat pengolahan timah Bangka serta tempat Bung Karno, Bung Hatta, Moh. Roem dan pemimpin nasional lain diasingkan selama masa revolusi mempertahankan kemerdekaan.

 Kabupaten Bangka Tengah (ibukota: Koba): Merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. merupakan pusat perikanan Bangka Belitung. sepanjang jalan raya Pangkalpinang-Koba (60 km) terdapat pantai indah tepat di sisi jalan terutama di Desa Penyak dan Kurau.

   Kabupaten Bangka Selatan (ibukota: Toboali): Merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. Daerahnya meliputi bagian selatan Pulau Bangka, termasuk pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok dan pulau Nanas. Kabupaten Bangka Selatan merupakan pusat penghasil beras Kepulauan Bangka Belitung. Juga merupakan daerah tujuan transmigran dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  Kabupaten Belitung Timur (ibukota: Manggar): merupakan pemekaran Kabupaten Belitung tahun 2003. Tempat ini merupakan tempat "Laskar Pelangi" yang ditulis Andrea Hirata.

  Kota Pangkal Pinang: merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditetapkan sejak tahun 2002. kota terbesar dan teramai di provinsi ini. sebelumnya merupakan ibukota kabupaten Bangka, namun pada tahun 1971 ibukota kabupaten Bangka pindah ke Sungailiat dan kota Pangkalpinang menjadi kota sendiri.

Atraksi/Event Budaya

    Perang Ketupat
    Buang Jong
    Mandi Belimau
    Ruwah
    Kongian
    Imlek
    Sembahyang Rebut
    Sembahyang Kubur
    Kawin Masal
    Nganggung
    Maulid Nabi Muhammad
    Isra' Mi'raj
    Muharoman
    Selikur
    Nyukur
    Idul Fitri/Hari Raya Puasa
    Idul Adha/Hari Raya Haji
    Nujuh Hari
    Empat Puluh Hari
    Nyeratus Hari

Tempat wisata

Pulau Bangka sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Pada umumnya pantai di Bangka berpasir putih dan halus namun ada juga yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi. Pantainya landai dengan ombak lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah. Beberapa pantai yang terkenal di Pulau Bangka antara lain:

    Pantai Parai Tenggiri
    Pantai Matras
    Pantai Tanjung Pesona
    Pantai Rebo
    Pantai Batu Berdaun
    Pantai Pasir Padi
    Pantai Tanjung Ru Sadai,Bangka Selatan
    Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
    Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan
    Pantai Tanjung Kelian, Bangka Barat, Mentok
    Pantai Tanjung Ular, Bangka Barat, Mentok
    Pantai Rambat, Bangka Barat, Rambat, Simpang Teritip
    Pantai Tungau, Bangka Barat, Simpang Gong, Simpang Teritip
    Pantai Siangau, Bangka Barat, Teluk Limau, Parittiga
    Pantai Blembang, Bangka Barat, Jebu, Parittiga
    Pantai Pasir Kuning, Bangka Barat, Air Lintang, Tempilang


Khusus Pulau Belitung merupakan pulau yang indah dengan pasir putih, pemandangan unik dengan pantai pasir putih yang asli dihiasi oleh batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal dan dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Salah satu pantai terbaik dan unik di Indonesia, seperti:

    Tanjung Kelayang
    Tanjung Binga
    Tanjung Tinggi
    Pulau Lengkuas
    Pulau Kepayang
    Pantai Punai
    Pantai Tanjung Pendam
    Pantai Nyiur Melambai
    Pantai Burung Mandi
    Pantai Bukit Batu


Selain objek wisata pantai terdapat juga obyek wisata lainnya antara lain:

    Pesanggrahan Bung Karno Bukit Menumbing
    Wisma Ranggam Mentok
    Rumah Mayor Mentok
    Masjid Jami' di Mentok
    Tangga Seribu Mentok
    Museum Timah Pangkalpinang
    Masjid Jami' Pangkalpinang
    Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
    Taman Pha Kak Liang di Belinyu
    Kolam Pemandian Air Panas di Pemali
    Vihara Dewi Kuan Im di Sungailiat
    Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung
    Vihara Budhayana Dewi Kwam In Damar
    Bendungan Pice Gantung
    A1 Bukit Samak Manggar
    Museum Buding
    Situs Raja Balok di Desa Balok Kecamatan Dendang
    Perigi Belande Buding

Tentang Bangka Belitung
Sumber : KOMPAS & WIKIPEDIA