Kamis, 20 Desember 2012

Distracting Elements Fotografi

Fotografi - Distracting Elements yaitu penumpukan elemen pada sebuah foto. Penumpukan bisa berupa objek, warna, foreground, backgound dll  yang mengisi foto dan menjadi unsur-unsur yang mengganggu. Hal ini terkadang terjadi tanpa kita sadari ketika memotret, padahal hal ini juga merupakan bagian dari faktor terpenting agar foto terlihat lebih menarik

Hindari latar yang berantakan ( background / foreground )


Sebuah latar yang berantakan dapat menarik mata dari subjek utama gambar. latar yang penuh di perbolehkan kecuali latar tersebut adalah elemen pendukung subjek foto kita. Namun menurut saya usahakan foto benar - benar bersih dari latar yang mengganggu. Latar bisa berupa objek benda, warna dll. Jika ada kekacauan secara visual dalam gambar, maka perhatian penikmat foto akan mengalir ke bagian yang paling relevan dari foto, dan dampaknya terhadap subjek foto hilang meskipun subjek fotografi kita kuat.  

Kecerahan

Mata orang awam akan mengembara menuju warna-warna cerah dalam foto, kemudian meneliti masalah kecerahan, lalu menyoroti kecerahan yang tidak wajar dan gangguan lainnya yang tentu dapat merugikan foto kita. Jadi usahakan bermain kecerahan yang lebih dramatik yang bisa mambawa perhatian penikmat foto langsung ke subjek foto kita.   

Warna
Usahakan hindari warna yang mencolok di luar dari objek foto kita atau hindari warna yang dominan sama dengan subjek foto kita. Hal ini menghindari pecahnya perhatian penikmat foto terhadap subjek foto kita. contoh objek kita model memakai gaun putih tapi di sampingnya tergantung kain berwarna biru, akhirnya tanpa di sadari pandangan penikmat foto akan tertuju ke warna tersebut sebelum meneliti gaun model  tersebut. Usahakan subjek memiliki warna tunggal yang dominan, contoh benda hijau terang akan menonjol terhadap sekelompok objek hitam. Dalam hal ini maka mata penikmat foto akan secara alami tertarik pada objek terang. 

Demikian artikel singkat saya mengenai pengertian " Fotografi - Distracting Elements ". Semoga artikel ini bermaaf untuk saya sendiri dan untuk anda.