Rabu, 05 Desember 2012

Resolusi Optik Lensa sensor kamera

Resolusi optik lensa dan Resolusi sensor kamera - Resolusi (daya pisah) adalah kemampuan lensa untuk merekam jumlah garis secara terpisah, dan dinyatakan dalam jumlah garis per mm (lpm). Sebuah lensa yang memiliki resolusi (daya pisah) 60 garis/mm, mampu merekam detil obyek foto lebih jelas dibandingkan lensa dengan resolusi 30 garis/mm. Kemampuan daya pisah optik adalah hasil rekaman secara alami yang diperoleh dari bidikan foto tersebut, hal ini dapat dilihat dari kualitas rekaman format RAW pada kamera. 

Kemampuan lensa merekam detil gambar sangat ditentukan oleh resolusi optik lensa tersebut, makin tinggi resolusi optiknya, maka makin jelas detil rekaman obyek dalam gambar. Makin rendah resolusi optiknya, maka kejelasan detil obyek dalam rekaman gambar juga berkurang, bahkan seringkali kita tidak bisa mendapatkan detil obyek yang cukup jelas pada saat kita membidik di lokasi.

Kejelasan rekaman detil obyek dalam gambar juga dipengaruhi oleh resolusi sensor gambar kamera yang digunakan. Meskipun resolusi sensor kamera kita sangat tinggi, tetapi kemampuan merekam detil-detil obyek foto sangat ditentukan oleh resolusi optik lensa. Jika kita menggunakan lensa dengan resolusi optik yang rendah, maka sensor kamera akan menerima gambar dengan detil yang kurang jelas.  

Jadi, percuma kita memiliki resolusi sensor kamera yang sangat tinggi, tetapi menggunakan lensa dengan resolusi optik yang rendah, karena kualitas rekaman gambar sangat ditentukan oleh lensa yang menghantarkan gambar tersebut ke sensor kamera. 
 
Jika lensa menghantarkan gambar yang jelas, maka sensor akan merekam juga gambar jelas, jika lensa mengantar gambar kurang jelas, maka sensor kamera akan menarima gambar kurang jelas juga.

Sumber dari :
Mr. Makarios Soekojo 
http://www.greenartistix.com/